Saturday, April 11, 2015

Warning!

setelah kurang lebih 3 minggu, akhirnya gw memberanikan diri buat cerita disini.
jadi akhir bulan maret kemarin, gw rencananya mau beli handphone merk X yang katanya harganya murah cuma 2.250k (alias 2,25jt) dan karna kebetulan hape gw lg error, dan kalo buka aplikasi suka ketutup sendiri jd gw pikir buat cadangan aja, dan mulailah perbincangan dengan agan sipenjualhapemerkapaja. berawal dari dia broadcast bisa cicilan, dll. dan harga hape tertentu lagi sale akhirnya mulailah gw nanya hape merk X dan Y.


si agan bilang bisa bayar setengah dulu, trus disini dia nanya mau beli merk dan tipe apa, karna gw ragu, gw blg nanti aja, awal bulan aja skalian mikir-mikir dulu. eh malah di jawabin katanya awal bulan kelamaan, padahal cuma beda seminggu'an.

then bbrp berlalu, dia suka broadcast merk hape A harga sekian sistem kredit sekian dll. dan akhirnya 2 - 3 hari setelah gw nanya ttg hape merk X yg mau gw beli, ada diskon.

trus dia bilang dr harga yg dia broadcast harus 50% di trf dulu sbagai DP, dengan perjanjian, gw bayar setengah, barang sampe baru bayar lunas. dan dia bilang oke. sebenernya masih ragu, tp karna hape juga rusak gw jadi pengen aja lsg bayar
(mungkin karna dia ngomongnya pinter) tapi gw masih ada syarat supaya makin yakin. tapi dia malah suruh bayar dulu, biar sama" enak, dan gw jelas ga mau, karna gw sendiri kan ga tau barang nya beneran atau engga. dia bilang tunggu sampe toko, gw nunggu ga masalah. tapiiiiii......


dia suruh isi format data, trus ya udah gw isi trus ga lama dia kirim foto dengan nama dan nomor hape gw tapi yang aneh nya foto itu bukan tulisan tangan, dia blg itu karyawan nya.

gw ttp kekeh minta foto pake tulisan tangan dan barang tsb, tapi dia blg bayar dulu, nah disini bikin kesel, dia ngejer minta bayar terus (disinilah kebodohan gw dan kelihaian dia mulai terlihat)

dia ngeyakinin gw dengan ngirim no.resi pengiriman dia, dan gw cek emg bener ada, tapi nama pengirimnya beda" ga 1 orang doang.

alasan dia sih nama karyawan nya, kalo atas nama TUTIN itu istrinya dan gw oke aja dengan pernyataan dia, meskipun ragu gw pikir, ya butuh sih, jadi gw oke.

jadi gw minta nomor handphone dan dia kasih, tp gw lupa minta alamat dia, disitu salah, cuma lokasi dia doang yang katanya di surabaya.

dan pas mau trf karena gw ga bisa keluar, gw mau trf lewat e-banking BCA tapi kalo ke bank lainkan agak ribet, jadi gw tanya cabang apa, tp dia malah kasih alamat bank nya dan gw coba cek di internet, dengan nama onlineshop artha jaya sellular atau artha jaya cell, dan keluar deretan website yang ada di database google, then keluar artha-jayacell.blogspot.com

pas gw tanya ke dia, alesan nya sih bukan, katanya banyak yg nipu pake nama dia, tp gw bilang nomor kontak nya persis kaya yg dia BM, dia ga jawab.

pas udah mau trf gw disuruh trf sm dia 1,2jt padahal kan perjanjian nya 50% dr harga barang. trus dia blg katanya "PECAHAN 50RB DISINI SUSAH" apa hubungan nya kalo, doi olshop ga penting buat narik duit setelah di trf customer.



dan akhirnya transaksi pertama gw bayar 1,1jt.


setelah gw trf dia  bilang segera dikirim.

gw nanya resi hari ini dong? karena resi itu penting buat pengiriman, jadi gw minta resi nanti setelah dia kirim, tapi dia bilang resi nya besok. ya jadi msh gw maklumin. dan besok paginya gw tanya resi, tapi....


delivered pun engga, akhirnya seharian gw PING!!! attack si agan.


lalu tiba-tiba pas sampe rumah, ada SMS dr nomor ga dikenal, yang ngakunya "karyawan JNE" dan blg paket gw br sampe kantor dan, dia butuh secepatnya gw lunasin, supaya dia bisa kirim ke gw. sedangkan no.resi aja gw ga punya, gimana ngeceknya coba.

 lalu, disaat yg bersamaan, si agan ini pun muncul dengan kata-kata penyesalan karna hape nya ga aktif dan dia ikut"an minta gw trf lg.

 akhirnya malah ributin resi.

dan gw ambil jalan tengah, minta fotoin resi nya dikertas, tanpa harus kasih nomor resi nya, dan ternyata....

sekilas terlihat sama kaya yang ada di web, tapi ada perbedaannya.
nih bedanya, ini dari belanja gw sebelum nya sm olshop dari batam.

tab url website nya ga pas diatas "tracking detail"nya dan ga ada tanggal dan jenis paket nya, sama nama kurir, dan satu hal lagi, kurir JNE kalo SMS tuh ga ngekiin kaya yg SMS gw ngaku "karyawan JNE"

dan mulai lagi maksa trf malem langsung biar bisa dikirim, katanya biar cepet kelar (mungkin maksud nya biar bisa ngilang besok paginya) dan gw ttp coba berkali" buat ngetrack nomor resi yg keliatan di foto tracking yg dia kasih.


karna ragu, gw telfon CS JNE dan yg aneh nya gini. gw telfon pertama kali, udah nyambung yg ngangkat cewe, namanya lupa. trus putus telfon nya mendadak, dan gw telfon lagi, yang angkat cowo, namanya DEDEN. gw ceritain kronologi pemesanan sampe pengiriman, dan kata si mas DEDEN ini, harus dilunasin dulu, karna belom lunas jadi ga ada no.resinya di sistem JNE. gw kesel karna semuanya ga sesuai harapan, karna perjanjian nya kan DP, barang  terima, lunas tapi pada akhirnya gw trf juga, tanpa gw sadari bikin gw makin rugi banyak.

dan setelah di trf, kstanya setengah jam lagi resinya, dia belom sampe toko dan gw oke.

setelah setengah jam, gw bbm lagi, delivered tp ga di read, jd gw PING!!! attack lagi, sampe akhirnya cuma diread doang, trus akhirnya gw pasrah, mentah-mentah kena tipu sama ni agan.


meskipun udah lewat berhari-hari, karna garela duit gw melayang gitu aja, gw PING!!! attack lagi, gw telfon, gw sms si mas" yang ngaku "karyawan JNE" dan hasilnya NIHIL.
jadi pada akhirnya gw pasrah, dan nganggep gw sedekah sama org yg ga mampu buat kerja halal, jd dia kerjanya nipuin org, mungkin emg cepet dapet duitnya, tp lu bakal nerima KARMA dr apa yg lu perbuat.


udah lewat sekitar 1-2minggu dr tranksasi terakhir dan hilangnya si agan, gw ga delcont doi, dan dia masih aktif ngeBM hape murah. lalu, karna saking aktif nya dia ngeBM, tadinya gw ud ga mau bahas lagi sm dia, masalah balikin duit dll. (karna pada akhirnya dia ga bakal balikin lagi) tapi keselnya gw ga bisa ditahan lagi, akhirnya gw BBM dia lagi. dikarenakan isi BMnya dia yg intinya hape merk X yg pengen gw beli 4juta dapet 2unit, dan langsung kirim.

lalu, gw dengan slenge nya bbm dia begini
[ C = gw ; A = agan]

C : paket saya aja ga pernah sampe
A : maaf kapan anda pernah order? order atas nama siapa dan rekening apa?

C : *kirim format order yg ada di SS atas*

C : *kirim bukti transfer*


lalu setelah beberapa menit ga ada balesan ternyata gw di delcont (delete contact) sama si agan ini, makanya chat terakhir ga bisa gw SS.

berikut data si penipu berdasarkan contact yang ada:
nama & pin BBM : artha jaya sellular (28BD DF4D)
nomor handphone :
0822 4096 1379 - dikasih waktu nanya lokasi dan nomor HP
0852 3553 7775 - biasa tertera pada saat broadcast message
0823 1035 2547 - "karyawan JNE"
0853 3137 5777 - footer website
website : http://artha-jayacell.blogspot.com
rekening BRI 0064 0104 4171 504 a/n Muh Irsyad Darrasyad
katanya bisa COD di daerah Bangkalan, Surabaya.

intinya disini gw pribadi merasa kurang peka, karena gw baru sadar setelah gw baca ulang chat gw sama si agan, jelas" dia ini niat banget buat nipu, sampe dia mau buat bikin editan tracking number ala JNE, buat kalian yang newbie banget belanja online lebih teliti dikit ya. bukan berarti semua onlineshop itu penipu, tapi biar kita konsumen juga jangan terlalu bodoh, gw aja yang sering belanja online bisa ketipu mentah-mentah kaya gini, jujur gw ini hobbynya belanja online, seminggu bisa abis lebih dari sejuta buat belanja online, entah itu baju, sepatu, kosmetik, atau cuma demen aja karna lucu.

dibiasain ya kalo belanja online minta tracking number, jangan lupa di cek langsung. jangan repotin seller doang, udah cape-cape ngetik / fotoin resi, eh sama kalian cuma di "ok"in tapi ga di cek, kan biar sama-sama enak. cek di website kan bisa atau kalo ga ketemu bisa telepon ke CS (customer service) nya, jadi clear.

jangan pernah belanja online kalo ga sabaran dan hanya tergiur harga murah yang jauh dari pasaran, nanti kaya kasus diatas, PLEASE BIG NO! jangan mengulang kesalahan yang sama kaya diatas, karena gw terlanjur tertipu dengan kata-kata dia dan keadaan mepet. cek testimoni, cek followers, cek lokasinya, double check sebelum belanja online, kan bisa tanya-tanya juga sama temen, jangan malu buat nanya, karena duit yang kamu hasilin bakal ilang buat online doang. kan sedih banget.

biasain juga, kalau misal kalian belanja sama onlineshop yang menurut kalian terusted dan recommended, berbagilah, kasih testimoni kalian, entah di instagram atau sekedar dari mulut ke mulut kalau kalian belanja di tempat trusted dan highly recommended. jadi sama-sama enak kali aja nanti di kasih diskon. ngelunjak banget ya! haha

kalo kalian mau belanja tapi highly recommended dan pasti sampe punya coba cek di dinomarket, blibli, zalora, sociolla, dan masih banyak yang lain. kalo masih ragu juga mending COD (Cash On Delivery) jadi lebih aman, carinya tempat rame dan kalo bisa tempat sekitaran rumah, kalau masih satu kota, kalo beda kan agak ribet juga, kecuali kamu ga masalah kalo harus nyamperin ke kota si seller. kalo belanja via instagram, jangan cuma percaya dari followers dan likes, karena jaman sekarang banyak yang jual followers dan likes. waspada dan lebih teliti ya guys.

maaf kalau ada salah-salah kata atau pihak yang merasa dirugikan, post ini hanya contoh kasus penipuan yang menyangkut onlineshop, karena ini sangat merugikan. mungkin ada yang penasaran kenapa beberapa gambar diatas ada yang disensor, itu dikarenakan privasi gw, toh ga penting juga merk apa. ini cuma sharing supaya ga ada korban lagi.

thanks for reading, share if you care!
xoxo, cathy.

No comments:

Post a Comment