Thursday, August 4, 2016

Always in Our Heart, Keynon...

hari ini ulang tahun Keynon.
buat yang belum tau Keynon itu siapa, Key itu adik laki-laki gw yang lahir 4 Agustus 2012.
perbedaan umur kita berdua cukup jauh yaitu 17 tahun. Key anak yang ceria dan lucu, Key adalah anak berkebutuhan khusus,  Hidrocephalus. banyak yang sudah dilalui Key, senang dan susah sudah dilewatinya, sejak umur 3 bulan Key sudah menjalani operasi pemasangan alat. sampai suatu ketika, setelah beberapa bulan pemasangan alat terjadi infeksi dan harus di lakukan operasi lagi dan akhirnya Key sudah tidak memakai alat dan total operasi yang sudah dijalani adalah 3 kali, tapi Key tetap kuat dan ceria menjalani hari-harinya. Key tidak seperti kebanyakan anak kecil, dia belum bisa berjalan, belum bisa duduk sendiri, dan belum bisa bicara dengan lancar. tapi kami (keluarga) tidak pernah putus harapan, doa dan usaha tak pernah putus. pernah satu ketika mama bilang "dokter bilang dede udah termasuk normal, kepala nya sudah tidak membesar lagi" senang? ya! berarti ada harapan bahwa Key bisa menjalani hari-hari seperti anak kecil pada umumnya. dan gw selalu bilang "cepet bisa jalan sama duduk ya, boy...cece kemana juga bakal diajak kok". boy...itu panggilan gw buat Key tiap hari nyapa dia. "halo boy!" ketawa khas nya ga bisa dilupain.
udah beberapa hari belakangan (mengingat kemarin tanggal 3 Agustus, ulang tahun Dicta), gw selalu nangis sebelum tidur, kangen banget luar biasa.


16 Maret 2016
hari dimana gw ga nyapa Key sebelum kerja. bangun tidur, mandi, ganti baju, siapin bekal, langsung pergi kerja, nengok ke kamar mama pun engga, Key ga sakit, dia sehat, engga panas dan tetap ceria kaya biasa (kata orang rumah) dan gue pun ga ada firasat apapun. pas pulang kerja, gw cuma buka pintu kamar nyokap "hai boy!" dibales dengan "hai" khas Key dan ketawa girang nya. hari itu gw bener-bener ga kaya biasanya, dan mama pun pergi juga engga bilang. biasanya gw kalau pulang kerja pasti habis mandi turun lagi (kamar gw diatas) entah itu buat makan atau sekedar main sama Key atau ngobrol sama mama tentang hari yang gw lewatin. dan mama kalau mau pergi pasti bilang "Thy mama pergi bentar, dede dibawah sendirian ya" dan gue akan nemenin Key dibawah sampai mama pulang. entah mama dan gue ada angin apa ga kaya biasa, yang tau mama pergi itu qme (istri dari adik mama) tapi qme pun ga kasih tau gw kalau Key dibawah sendirian. gw ngelewatin malam itu dengan nonton film Dead or Alive (D.O.A) dan mama pergi sebentar ke gereja buat rapat. gw selesai nonton film sekitar jam 9-an karena pikir masih sempet ngobrol bentar sama mama nantinya. ternyata selesai nonton film, gw buka facebook dan lupa waktu sampai jam setengah 11. pas itu mama baru pulang dari gereja, samar-samar denger mama teriak-teriak kaya orang gila. semua langsung bangun (ya jam segitu dirumah udah sepi dan gelap) dan buru-buru turun, ternyata Key sudah pergi meninggalkan kita semua sekeluarga, dengan muka polos seperti orang tidur. badannya dingin dan matanya mulai kering (matanya agak terbuka) gw ga akan pernah lupa seperti apa rupa Key waktu itu. gw pun menyalahkan diri gw sendiri, kenapa gw ga turun sekedar cek, is he okay or not? tiap inget kejadian itu gw selalu nangis dan merasa bersalah meskipun berulang kali orang sekitar mengingatkan, "semua bukan salah Cathy, cuma memang Key udah waktu nya di panggil Tuhan". gw masih inget terakhir meluk sambil genggam tangan Key, pelan cium pipi Key dan berharap bahwa Key cuma tidur atau ini mimpi buruk gw aja.

intinya, Key itu hal terindah yang pernah terjadi dalam keluarga. Key itu benar-benar malaikat kecil buat semua yang mengenal dia. si kecil yang selalu ceria, seneng dinyanyiin dan seneng di ajak bercanda. Key termasuk anak yang iseng, meskipun dia berkebutuhan khusus. semua orang sayang dia dengan segala kekurangan dan kelebihannya. banyak penyesalan yang gw rasain, dan penyesalan itu yang buat gw suka nangis secara tiba-tiba. 

mungkin Key engga bisa baca ini tapi Key bisa rasain.
"Key perlu ingat satu hal ya cece sayang banget sama Key, apapun kondisinya dan dimana pun tempatnya, Key jadi anak yang baik disana ya sama Akong (Kakek dari mama), jangan nakal, jangan suka iseng, Key main-main ya ke mimpi cece. maafin cece ya selama ini kalau ga pernah jadi cece yang baik buat Key, kurang luangin waktu buat Key. meskipun begitu cece sayang banget sama Key, meskipun cece ga tau cara ungkapin dan nunjukinnya kaya apa. hari ini tanggal 4 Agustus 2016, ulang tahun Key yang ke-4...cece belum pernah sekalipun beliin Key kue dan kado pas ulang tahun. bulan Februari kemarin cece sempet mikir mau beliin Key kue dan kado yang berguna buat Key, meskipun Key berkebutuhan khusus. ternyata cece ga sempet buat itu semua jadi kenyataan, sekarang cece cuma bisa ngirim doa dan harapan sebanyak berjuta bintang di langit supaya bisa sampe di tempat Key sekarang ini, pasti sekarang Key lagi rayain pesta ulang tahun bareng Akong. have fun disana ya Key! sampein salam cece buat Akong, we love you Key!"



i think of you today but that is nothing new,
i thought about you yesterday and will tomorrow too.
i think of you in silence and make no outward show.
for what it meant to lose you, only those who loves you know.
remembering you is easy, i do it every day...it's just heartache of losing you.

your birthday is here, but it's sad to know that you are no longer here. 
i want to sent you a gift, but i know i can't. 
so i will just make a wish upon a star that you carry my love wherever you are now.

until we meet again, we love you forever and always, Key :')

No comments:

Post a Comment