Sunday, January 10, 2016

Tips & Trick : Cara Merawat Kamera DSLR

post kali ini akan membahas tips dan trick buat pemula khusus nya bidang fotografi. jaman sekarang, siapa sih yang ga tahu kamera DSLR? pasti semua sering liat dan ga asing lagi dengan keberadaannya apa lagi sekarang banyak yang membawa kamera DSLR ini kemana-mana tetapi sangat disayangkan kebanyakan para pengguna kamera DSLR ini ga tahu cara merawatnya, kadang cuma gaya aja biar kelihatan keren. padahal kalau kamu tahu cara ngerawat kamera DSLR dengan baik dan benar, kamera DSLR kamu bisa terhindar dari kerusakan dan juga berumur panjang lho! 

yuk sekarang kita lihat apa saja yang perlu di perhatikan dalam merawat kamera DSLR :)


gunakan strap kamera. sangat dianjurkan memakai strap kamera agar kamera tidak mudah jatuh secara tidak sengaja, mengingat kamera DSLR memiliki body yang cukup besar dan agak berat. jika kurang nyaman memakai strap bawaan, beli strap baru yang lebih nyaman bisa menggunakan hand strap juga untuk kamu yang tidak suka memakai di leher.

matikan kamera dengan benar. hal ini perlu diperhatikan sesaat sebelum mengeluarkan battery dan memory card. karena di dalam kamera DSLR terdapat mesin didalamnya dan kalau tidak dimatikan secara benar akan menyebabkan perubahan arus listrik secara mendadak dan menyebabkan kamera DSLR cepat rusak.

perlakukan kamera DSLR kamu dengan baik. pada bagian body dan lensa terdapat bagian yang dapat bergerak / diubah seperti tombol, tutup battery / memory card, focus ring, dan zoom lensa. kalau ada bagian yang agak macet, jangan diputar / dibuka secara paksa. kalau dipaksa mungkin saja bagian dalam kamera DSLR kamu akan ada yang patah, jika kamu tidak mengerti tanyakan kepada teman yang lebih paham atau bawa ke service center (pergilah ke service center resmi). service kamera DSLR kamu di tempat yang terpercaya atau resmi, untuk menjamin kamera DSLR kamu menjadi lebih awet, lebih baik secara rutin selama beberapa bulan. jangan tunggu rusak / ada keluhan kemudian baru diservice. service yang dimaksud adalah service besar (membersihkan lensa dari jamur atau penyesuaian setelan utama kamera), jangan terlalu sering membersihkan lensa / bagian dalam kamera kamu bila berjamur. kaca lensa sangat peka, semakin sering dibersihkan akan menurunkan kualitas gambar. untuk menjaga dan merawatnya, jangan disimpan di lemari pakaian karena bisa menyembabkan jamur menempel pada lensa / bagian dalam kamera.

jagalah kebersihan lensa. saat membersihkan lensa, jangan pernah menyemprotkan langsung cairan pembersih ke lensa tetapi semprotkan cairan pembersih ke lap microfiber sedikit lalu baru usapkan ke lensa. jika dibutuhkan gunakan alat pembersih seperti lens brush, lens blower, lens paper, dan lens cloth yang baik. jika saat membersihkan terlihat ada debu di sensor kamera DSLR kamu, coba gunakan blower, jika tidak bisa hilang coba bawa ke service center. perhatikan juga accesories kamera DSLR seperti lens filter, lens hood, eksternal flash, dll. perlu dirawat untuk tetap menjaga kebersihannya. dudukan flash dan kontak baterai flash perlu dibersihkan secara berkala untuk menghindari penumpukkan kotoran. saat memegang kamera usahakan jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari, untuk mengurangi kemungkinan hal ini terjadi biasakan lens hood selalu terpasang. lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan dan cahaya yang terlalu tajam (flare) menuju lensa. saat tidak dipakai pasanglah lens cap pada lensa, hal ini mengurangi kemungkinan menempelnya kotoran / debu pada permukaan lensa.

menjaga kualitas baterai. jangan membiarkan battery terpapar suhu ekstrem diatas 43°C, karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada battery. simpanlah battery ditempat sejuk dan kering. charge battery sebelum / sesudah disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama, karena dipakai / tidak dipakai battery akan melewati fase pelemahan, agar tetap awet battery wajib dicharge. pada umumnya battery lithium ion bertahan selama 500 kali recharge sebelum daya kerjanya menyusut, kalau memang sudah mulai lemah daya kerja nya jangan kaget kalau memang battery kamera kamu perlu diganti. jangan lupa buang battery bekas pakai kamu di tempat khusus ya!


perhatikan tempat penyimpanan. dianjurkan kamera DSLR disimpan di tempat kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung. ada baiknya menggunakan dry box / dry cabinet sehingga bisa mengontrol tingkat kelembaban. alternatif lain adalah memakai silica gel. perlu diperhatikan juga tempat menyimpan kamera DSLR jangan dekat dengan benda-benda yang memiliki medan magnet, karena medan magnet dapat mempengaruhi sirkuit elektronik yang ada pada kamera DSLR. kamera DSLR sangat rentan terhadap air karena bisa menimbulkan kelembaban pada internal kamera dan membuat komponen kamera rusak. bahkan kamera weather sealed, bukan berarti kamu bisa memasukan kedalam air. perhatikan juga lokasi pemotretan, jika kamu pergi ke daerah pantai. sebaiknya kamera DSLR langsung dibersihkan, caranya bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel pada kamera. setelah itu lap lagi dengan lap baru hingga kering. kenapa harus langsung dibersihkan? karena air laut mengandung garam yang bersifat korosif bagi komponen logam yang ada didalam kamera maupun lensa yang bisa menyebabkan karat. untuk memory card, simpanlah pada tempat khusus pada saat tidak digunakan, karena ukuran dan bentuknya yang kecil membuatnya rentan rusak. memory card berfungsi sebagai media penyimpanan data, bisa berupa SD card (secure digital), CF (compact flash), dan sebagainya. tas kamera adalah media penyimpanan semua alat fotografi ketika bepergian. perlu diperhatikan pula perawatannya agar mampu melindungi peralatan fotografi secara maksimal. tas kamera yang kotor bisa menyebabkan peralatan didalamnya menjadi kotor. setelah bepergian ada baiknya langsung dibersihkan bagian dalam maupun luar, beserta isinya. agar lebih maksimal bisa menggunakan vacumcleaner. setelah melakukan pemotretan outdoor, debu / pasir dan kotoran lainnya mudah menempel pada tas kamera, sehingga sangat perlu untuk dibersihkan. cucilah tas kamera secara rutin apalagi setelah lama tidak dipakai.

notes :
perlu diingat merawat kamera DSLR gampang-gampang susah. karena hal yang menurut kita sepele ternyata bisa berdampak buruk pada kamera kita, misalkan kebiasaan meninggalkan barang dimobil karena belum terpakai. penting untuk diingat, kamera DSLR tidak bisa ditinggalkan di dalam mobil dalam waktu yang sangat lama, apalagi jika mobil berada pada posisi yang terjemur sinar matahari langsung. kamera DSLR memiliki rentang suhu aman sedangkan hawa panas dalam mobil melebihi suhu aman untuk kamera DSLR.

kurang lebih seperti itu penjelasan untuk merawat kamera DSLR kesayangan kamu, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu tentang fotografi. thankyou for reading!
xoxo, cathy.

No comments:

Post a Comment